Minggu, 26 Januari 2014

SAWARNA Surga Tersembunyi

Foto koleksi pribadi
SAWARNA ,  Dimana ? Tempat apa ? apa itu ? Have you ever heard about it?  Mungkin, untuk sebagian orang nama tersebut masih Asing di telinga. Tetapi ketika mendengar nama pelabuhan ratu pasti kenal, sawarna adalah nama sebuah desa di kecamatan Bayah kabupaten lebak Banten berjarak sekitar 35 km dari pelabuhan ratu kearah timur namun perlu diperhatikan  rute  menuju desa sawarna  ini  karena jalanan yang menanjak dan menurun serta tikungan yang tajam dan curam sangat melelahkan memang namun rasa lelah rasa cape  semuanya langsung sirna begitu disuguhkan pemandangan alam indah desa Sawarna yang seolah olah tidak tersentuh waktu, Sawarna adalah sebuah desa kecil dengan pantai yang luar biasa indah
saat pergi menuju Sawarna kita menggunakan mobil pribadi. kita berangkat dari Bandung dengan rute Bandung-Cianjur-Sukabumi-Pelabuhan Ratu-Sawarna dengan perjalan memakan waktu sekitar 6-7 jam. Jika menggunakan kendaran umum /elf tempuhlah rute  sampai Pelabuhan Ratu, dari Pelabuhan Ratu, dilanjut  elf  ke Sawarna. berangkat dengan kendaraan umum tentunya memakan waktu lebih banyak daripada dengan kendaraan pribadi, sesampainya di jalan raya bayah,  dipertigaan jalan raya bayah kita belok kearah kiri akan disambut dengan gapura selamat datang, untuk masuk wilayah desa Sawarna perlu menempuh jarak kurang lebih 11 km sesampainya diarea parkir mobil di desa Sawarna,  perjuangan kita masih berlanjut karena bagi kalian yang membawa kendaraan pribadi ( MOBIL ) maaf mobil tidak bisa dibawa masuk ke area dalam desa Sawarna karena memang tidak ada akses untuk kendaraan roda empat, dan  jalan masuk satu satunya ke desa Sawarna adalah jembatan Gantung

JEMBATAN GANTUNG
Foto koleksi pribadi

tetapi inilah keunikan desa Sawarna dimana masyarakat setempat masih memelihara adat budaya daerah, jadi kita akan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 250 meter dan kita akan  melewati jembatan gantung, yang hanya bisa dilewati oleh orang dan motor saja serta yang paling mendebarkan disaat kita berjalan melewati jembatan gantung tersebut maka jembatan akan bergoyang seolah sedang terjadi gempa

Begitu sampai di ujung jembatan Thank’s God, I’m save  kita akan disambut penjaga tiket masuk dan tiket tersebut cukup relatif murah hanya Rp.5000 dimana uang hasil tiket tersebut masuk kedalam kas desa yang diperguna untuk pembangunan desa Sawarna itu sendiri,  oo iya di desa tersebut jangan harap kita akan menemukan rumah makan, cafe, bahkan hotel maupun motel, semua itu TIDAK TERSEDIA justru hal inilah yang menjadikan kenyaman tesendiri di desa Sawarna ini, benar benar sebuah tempat untuk refres kitapun akan dimanjakan oleh ke ramahan warga setempat, keindahan alami alam persawahan yang langsung berhubungan langsung dengan pantai pasir putihnya,

HOME STAY
Foto koleksi pribadi
tidak perlu khawatir walau didesa Sawarna ini tidak ada fasilitas hotel mewah, Motel maupun Losmen, cafe, pub, dan fasilitas night club lainnya, namun yang tersedia hanya homestay yang merupakan milik warga setempat  dan tidak ada homestay milik warga diluar warga desa Sawarna, justru inilah yang membuat unik dan sangat nyaman dimana masyarakat desa Sawarna masih menjungjung tinggi serta mempertahankan adat budaya setempat..
ups lupaa maaf kita menginap di homestay WIDI
Homestay Widi ini sudah menjadi langganan kita setiap bekunjung  ke desa Sawarna, Homestay WIDI merupakan milik Bapak dan Ibu Ade, homestay ini sangat kita rekomendasikan..! Karena selain bersih, makanannya enak (ya, dikasih sarapan pagi plus pisang goreng, makan siang dan makan malam.. :D) bapak dan ibu Adenya ramah, serta kita bisa minta di-guide bila akan bertualang di wilayah desa Sawarna, biasanya yang menjadi Guide anak ke dua dari bapak Ade.  selain keluarga yang ramah kita  bisa makan minum gula kopi sepuasnya dan yang paling penting semuannya gratisss tanpa kena cas lagi, hehehe ( budget perkepala hitungannya sehari semalam hanya Rp 100, 000 waktu itu), sangat terjangkau sekali bukan ?
Setelah sarapan pagi dengan ikan goreng yang dimasak oleh Ibu Ade....yummy..! dan mencicipi beberapa pisang goreng ditemani segelas teh manis, kita menuju pantai pasir putihnya Sawarna yang begitu exotik, indah dan romantis

Foto koleksi pribadi
Sepanjang pantai, kita asyik foto foto melihat pemandangan yang indah. saat menyusuri pantai kita sesekali berhenti sekedar melihat ikan ikan, siput kecil tepi pantai, kita tidak perlu snorkelling lagi untuk melihat fauna laut tersebut...
Tujuan kita di hari pertama adalah Tanjung Layar dan Tapak Kabayan. pemandangan pantai yang indah akan menemani sepanjang perjalanan. Pastinya mata jadi seger dan banyak spot spot untuk foto yang indah

TANJUNG LAYAR
Foto koleksi Pribadi
Foto koleksi pribadi
Tanjung Layar, seperti yang bisa diliat di foto ini. merupakan karang besar yang menjulang tinggi setinggi kira kira sama dengan gedung berlantai 9 , bila kita ingin mendekati karang tersebut harus di saat air laut surut, dan saat kalian melangkah mendekati karang tersebut maka akan banyak menginjak rumput laut yang lembut serta ikan ikan kecil dan bintang laut. akan dengan manja menyolek nyolek kaki kita tetapi hati hati karena jalanannya licin!  Watch your step, travellers !
Ada beberapa fotografer yang nangkring, mereka nunggu ombak datang. Fotografer-fotografer itu mau memotret waktu ombak menghempas karang. Mereka antusias sekali tiap ada ombak datang! Apalagi bila ombaknya cukup besar.
Setelah sampe di Tanjung Layar, walau sudah lelah, kita tetap lanjut ke Tapak Kabayan. Perjalanan ke Tapak Kabayan ini melalui karang karang besar Tapak Kabayan masih merupakan karang yang berbentuk telapak kaki yang cukup besar. di sela sela karang tersebut, banyak celah yang tergenang air dan terlihat ikan ikan kecil aneka warna ada yang putih polos, belang putih hitam, ada juga kepiting kecil siput, serta spesies laut lainnya juga banyak bangau pantai  yang bersarang di atas karang
Foto koleksi pribadi
Setelah dirasa cukup puas kita memutuskan untuk kembali ke home stay. perjalanan kembali kita melewati rute yang berbeda kita melalui jalan setapak tanah yang rata walau agak jauh.

Kalian tidak akan kecewa, karena banyak pohon kelapa melambai, hijaunya sawah memanjakan mata dan tanpa sadar, kita udah jalan jauh akhirnya sampai di homestay Widi lagi. Lalu kami istirahat sebentar, sebelum ke pantai lagi menunggu Sunset.

SUNSET One word : FANTASTIS.! It’s reallly beautiful! Terima kasih, Tuhan, karena selama 3 hari 2 malam kita ke Sawarna, cuaca cukup bagus Sunsetnya poooollll..!
Foto koleksi pribadi

Hmmm..,main main air berenang  dan lempar lemparanan pasir di tepi pantai saja..sungguh sangat menenangkan hati jiwa dan raga  pantainya sepi banget layaknya pantai pribadi saja hahaha.. Tempatnya masih alami dan belum tersentuh, realy perfect place to runaway!

Hari kedua, setelah mandi, makan pagi (nasi goreng dan lagi lagi ikan goreng, juga dengan gorengan pisang..slurp!!),
 jangan khawatir bagi yang tidak suka ikan pemilik homestay Widi, Ibu Ade akan segera mengganti menu ikan dengan yang lain seperti ayam goreng ceplok telor atau dadar telor

hari ini kita traveler menuju Goa Lalay. Oh no! ternyata perjalanan menuju Goa Lalay harus melewati jembatan gantung lagi.  Goa ini cukup unik jalan masuknya penuh air jalurnya sedikit menanjak seolah olah kita masuk melewati air terjun,

Goa Lalay
foto koleksi pribadi

Kita di-guide oleh anaknya Bapak dan Ibu Ade  (Yudha)  Goa Lalay ini menakjubkan! dengan kaki terendam air sampai selutut, kita dapat menikmati stalaktit stalaktit yang indah serta terlihat jelas sekelompok kelelawar di langit langit goa.   WoW  makes you wonder where the cave end.. How mysterious...... by the way, kang Yudha berhasil menangkap 2 ekor udang yang cukup besar di dalam goa..hahaha dan tentunya langsung kita bakar rame rame amazaing traveler

kita memang harus lebih menyadari, mensyukuri serta memanfaatkan apa yang negeri kita ini punya. We have our beautiful and eksotis Sawarna
Foto koleksi pribadi

Pantai Sawarna dan Tanjung Layar sangat nyaman dan aman bagi  anak anak . Say goodbye to the beach dan menikmati ombak.
I Love Indonesia  even more and more beautiful than the full day! Cekidot!

Aaaaahh..wonderful trip i’ve had in Sawarna, hope I can visit it again.!, masih banyak tempat yang bisa dikunjungi di Sawarna, ada bunaken mini tempat kita bisa snorkeling serta cagar alam,  mudah mudahan Sawarna bisa tetep seperti ini sampai kapanpun,  Tetaplah alami, Sawarna!

Foto koleksi pribadi
highly recommended! n have a nice trip guys...