Sabtu, 14 Desember 2013

Komunitas



Jenuh dengan Rutinitas kerja ? mungkin sudah baiknya anda berfikir untuk mencari kegiatan diluar waktu kerja, bagi yang sudah berkeluarga biasanya dengan menghabiskan waktu bersama seluruh anggota keluarga, diakhir pekan bisa menjadi pengobat jenuh dan lelah, namun bukan tak mungkin hal itu juga bisa menimbulkan kebosanan terlebih bagi Anda yang masih hidup sendiri atau belum berkeluarga
Kalau begitu cobalah menyalurkannya dengan bergabung atau masuk ke komunitas komunitas yang sesuai dengan minat Anda. pertanyaanya APA sih komunitas itu.?secara sederhana komunitas dapat diartikan sebagai sebuah kelompok sosial yang terdiri dari beberapa banyak individu yang mempunyai maksud, tujuan, serta minat yang sama atas sesuatu.
Bila didaftar mungkin ada ribuan komunitas dari yang kita tahu sampai yang namanya baru kita dengar, secara gamlang komunitas satu dan yang lainnya tentu memiliki kegiatan yang berbeda, namun secara garis besar ada satu kesamaan yakni sebagai tempat aktualisasi diri, berbagi ide, bertukar pikiran dan sosialisasi,
karena faktor kesibukan dan akses yang jauh, seringkali membuat orang malas berbaur dalam sebuah komunitas. padahal keinginan sudah ada, banyak juga yang berfikir bahwa bergabung dalam sebuah komunitas membutuhkan biaya yang cukup besar, tentu tergantung komunitas apa yang ingin Anda masuki, contohnya komunitas penggemar motor besar atau mobil sport , tentu saja membutuhkan biaya yang cukup besar, hingga ratusan juta rupiah untuk membeli satu unit motor besar atau mobil sport.
Tetapi tidak semua komunitas itu mahal, bahkan ada juga komunitas yang murni hanya bermodalkan tubuh Anda saja untuk bergabung dalam keanggotaan . kalau begitu kenapa Anda tidak membentuk komunitas sendiri.? selama Anda tidak berfikir komunitas adalah sebuah organisasi formal yang menuntut waktu banyak untuk mengelolanya, melainkan hanya sebagai ajang aktualisasi diri dan interaksi, maka hal itu akan menjadi mudah dan menyenangkan.
tidak perlu lingkup yang terlalu luas, carilah yang memiliki ketertarikan yang sama akan satu hal atau kegiatan untuk bergabung bersama sama membuat sebuah komunitas bisa mulai dari rekan satu kantor, satu kampus atau satu sekolah dll, nah sebagai referensi berikut ini beberapa contoh komunitas yang menarik dan mudah untuk Anda bentuk sendiri,



Komunitas Sepeda
Saat ini sepeda bukan hanya sebagai alat transportasi atau olah raga semata, lebih dari itu , gerakan Bike to Work juga telah semakin digandrungi banyak kaum pekerja, mahasiswa bahkan pelajar, untuk menjalaninya tentu tidak harus memiliki sepeda yang mahal toh tujuannya jelas memang bukan sebagai ajang pamer melainkan untuk berinteraksi dalam suasana dan aktivitas yang berbeda
sesekali dalam sebulan buatlah kegiatan gowes bersama diakhir pekan dengan tujuan yang disepakati bersama diakhir pekan, bisa didalam kota untuk kuliner, bahkan mencoba untuk bersepeda gunung dilokasi wisata alam, sebagai sarana interaksi, bicara tentang sepeda juga seperti tidak ada batasnya, membahas spare part yang dipakai, jenis track yang dilalui dan masih banyak hal lain lagi membuat interaksi dalam komunitas sepeda menjadi lebih berwarna, jangan lupa akan lebih baik bila sesekali komunitas sepeda bentukan anda memotori acara sejenis funbike, misalnya untuk seluruh jajaran kantor atau rekan rekan kampus bahkan teman untuk satu sekolah, dengan begitu kebersamaan juga akan semakin erat.

Komunitas penggemar Fitness/Gym
Saat ini memiliki tubuh yang sehat menjadi dambaan bagi semua insan manusia, banyak yang menjadikan nge Gym/ Fitness sebagai gaya hidup masyarakat urban istilah Go Hard or Go Home menjadi penyemangat bagi para penggemar komunitas ini, tak hanya sebagai olah raga banyak dari anggotanya yang menjadikan ngeGYM / Fitness sebagai gaya hidup dalam menjaga kesehatan, bila tidak memungkinkan melakukan itu setiap hari, jadikan saja kegiatan ngeGym/ Fitness kegiatan santai seminggu 3 x setelah pulang kerja, pulang kuliah, atau diwaktu luang.
Setelah ngeGym/Fitness dijamin akan membuat suasana menjadi menyenangkan agar lebih termotivasi Anda juga bisa mencoba membuat semacam kompetisi kecil, mulai dari proses peningkatan berat badan atau penurunan berat badan serta pembentukan otot, dan hal hal ini sudah banyak dilakukan di komunitas Fitness/ Gym
membentuk komunitas ini sangat mudah karena hanya bermodalkan kemauan saja, kalaupun ada biaya hanya biaya tempat Gym saja, sesekali di akhir pekan cobalah untuk berinteraksi dengan tempat fitness / Gym yang lain ,membahas alat yang dipakai, jenis latihan yang diterapkan dan masih banyak hal lain lagi yang membuat interaksi dalam komunitas fitness / Gym menjadi lebih berwarna, menyenagkan bukan.?

Komunitas Fotografi
Fotografi tidak selalu dikaitkan dengan perangkat kamera canggih keluaran terbaru. Tergantung kebutuhan, dengan perangkat kamera sakupun aktifitas fotografi bisa menjadi aktifitas yang menyenangkan untuk mencari ilmu dan pengalaman, dengan membuat perkumpulan pemilik kamera Anda tinggal hunting foto perkotaan, landscap didaerah daerah alam atau wisata alam akan lebih baik jika tak hanya berhenti disitu. Anda juga bisa membuat Website komunitas bentukan Anda yang berisi foto-foto hasil hunting seluruh anggota. alhasil kepuasan bertambah saat foto Anda terpublikasi dan saling mengomentari hasil foto melalui web tersebut, anda juga bisa menarik lebih banyak anggota dengan membuat kontes foto dilingkungan Anda sendiri, dengan tema yang sederhana saja.
beberapa contoh diatas hanya sebagian kecil dari banyaknya komunitas yang dapat Anda bentuk. untuk menjaga keutuhan komunitas, tak ada salahnya Anda dan anggota menyiapkan Leaders dengan begitu komunitas biarpun kecil akan tetap terjaga konsistensinya..
Good Luck

Tidak ada komentar :

Posting Komentar